Adat Istiadat Kondangan

Kemaren gue baru aja menghadiri acara kondangan tetangga gue, di daerah depok satu gituh. Kondangan adalah sebuah kata yang digunakan sebagai pengganti kata acara pernikahan. Setiap negara pasti punya wedding ceremony, tapi menurut gue indonesia punya yang paling unik. HAHAHAHAHAHAHA..(loh kok gue ketawa??). Banyak banget tata cara buat dateng ke kondangan, meskipun gak tertulis sih, hmm apa itu berlaku dikeluarga gue doang ya? tapi rata2 semua orang indonesia emang punya beberapa ketentuan pas lagi pergi menghadiri sebuah acara pernikahan (dibaca:kondangan)

1. Berpakaian

setau gue ada dua macem cara berpakaian, at least itu yang suka dibilang ama nyokap gue sih. hehehehe. pertama kalo ada acara yg indoor a.k.a didalam sebuah gedung atau semacamnya, kata nyokap lebih cocok kalo make jazz (buat cowo) and gaun (buat cewe). tapi kalo acaranya dipelataran rumah atau outdoor lebih cocok pake baju batik (bisa cowo/cewe) atau baju muslim panjang (buat cewe). Haaaah ini nih yang bikin gue bete, gue tuh ga pernah punya baju2 resmi kayak gini, padahal ga pernah tuh tertulis di surat undangan kalo kita musti pake naju se resmi ituh.

2. Angpao

Angpao atau apalah ituh namanya, hmmm kali di indo emang udah pasti kan? tiap kita selese nulis buku tamu, biasanya disebelah tuh buku ada sebuah tempat buat masukin sebuah amplop gitu. sebenernya gue aga heran ama kebiasaan ini, kalo lagi nyelawat n ada tempat buat naruh uang, itu sih wajar soalnya siapa sih yang mau ditinggal keluarga untuk selama2nya, dan mungkin aja yg meninggal kepala keluarga jadinya keluarga yang ditinggalkan bener2 butuh uang. tapi kalo pernikahan, kan mereka yang mau dan pastinya mereka yang malah NIAT buat ngeluarin duit. tapi kok tamunya dimintain duit lagi? hehehehe.

3. Adat berkunjung

biasanya, kalo dateng pas lagi resepsi pernikahannya, hal yang biasa kita lakukan adalah naek ke tempat pelaminan dulu, trus makan makanan yang disediakan dan pas mau pulang kita balik lagi deh ke pelaminan buat ngucapin selamat lagi dan seraya bilang kita mau pulang, heuuuu. emang wajib kayak gitu yaa? aduh aneh2 ajaa yaa?

trus ditambah lagi, pas acara resepsi ama akad nikah pasti pake adat2 gituh. ada adat jawa, sunda, bugis makassar, batak, padang, huwaaahh ribet pokoknya. Aduh kalo udah ada undangan nyampe rumah, trus si mama udah bilang “ade, temenin mamah kekondangan yuk!” gue pasti langsung jawab, “tapi pake celana jeans aja yaah!” , nyokap langsung deh bilang “EnGGakkk!”

Tagged ,

3 thoughts on “Adat Istiadat Kondangan

  1. benazio says:

    hahahaha kalo gue sih biasa paling berantakan sendiri hehe .. rambut acak2an, kemeja bole lah gaul hehe, celana jeans, sepatu kets hahahaa

  2. meidianakusuma says:

    @bena gue juga mwnya gitu tapi apa boleh buat, kan kondangan ama nyokap, jadinya NYOKAP RULES

  3. Saya sangat tertarik dengan adat istiadat kita, oleh karena itu saya membahas tentang budaya pernikahan adat yang ada di Indonesia, mohon masukan dan dukungannya ya makasih🙂

Leave a Reply

